Ujian Baca Al-Qur’an di hadiri Bacaleg DPRK,di dapil II

 

Aceh,- Bongkarkasusmmntv.com
Komisi Independen Pemilihan ( KIP ) Kabupaten Bener Meriah melakukan uji tes baca Al-Quran bagi para Bacaleq DPRK Bener Meriah dari partai politik yang akan ikut tampil dalam pemilihan legislatif 2024 mendatang.Rabu 07 Juni 2023.

Hal itu di lakukan berdasarkan keputusan Komisi Independen Pemilihan ( KIP ) Provinsi Aceh nomer 37 tahun 2023 tentang uji mampu baca Al-Quran sebagai salah satu sarat bagi para Bacaleq DPRK di Kabupaten Bener Meriah.

Sementara itu untuk pelaksanaan uji mampu baca Al-Quran tersebut dilakukan dihalaman kantor komisi Independen Pemilihan ( KIP ) kabupaten Bener Meriah dan berlangsung selama 6 hari, terhitung dari hari Selasa 6 Juni hingga Minggu 11 Juni 2023dengan metode pembagian dapil.

Khairul Ahyar Ketua Komisioner KIP Bener Meriah mengatakan, ada 456 orang Bacaleq DPRK Bener Meriah yang mengikuti uji mampu baca Al-Quran, menurutnya, uji baca Al Quran terhadap bakal calon legislatif tersebut berpedoman pada Qanun Aceh Nomor 3 Tahun 2008 tentang partai politik lokal peserta pemilu DPR Aceh dan DPR kabupaten/kota di Aceh, sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang pemerintahan Aceh, kata Ahyar.

“Uji baca Al Quran merupakan persyaratan yang harus dipenuhi setiap bacaleg. Apabila tidak mampu, maka bacaleg tersebut tidak bisa ditetapkan sebagai calon legislatif pada Pemilu 2024

″Lebih lanjut menurutnya Partai politik bisa menggantikan bacalegnya yang dinyatakan tidak mampu baca Al Quran. Ungkapnya.

Iya juga menambahkan,terkait bacaleg yang berhalangan hadir saat uji baca Al Quran berlangsung, bisa mengikuti dengan jadwal susulan,” Tentunya harus ada alasan jelas mengapa tidak dapat mengikuti saat dijadwalkan mengikuti uji baca Al Quran” jelas Khair Ahyar.

(Deli kumar )