Tertibkan Warga Pendatang, Kelurahan Jimbaran Gelar Pendataan Penduduk Non Permanen

 

BALI, bongkarkasusmmntv.com
Bualu, Memastikan wilayah dalam keadaan aman Selasa pagi (09/05/2023) Bhabinkamtibmas Kelurahan Jimbaran Aiptu I Ngh Bagiarta S.H. bersama Petugas Babinsa melaksanakan kegiatan Pendataan penduduk non permanen di Lingkungan Bhuana Gubug Kelurahan Jimbaran, Kuta Selatan.

Kegiatan diawali dengan melaksanakan Apel dan Arahan dari Lurah Jimbaran dengan hadir petugas gabungan TNI-Polri, Pecalang, Bakamda dan perangkat desa sejumlah 20 orang.

Selanjutnya Tim bergerak ke Jalan Bukit Bintang Lingkungan Bhuana Gubug Puri Gadong Jimbaran, di wilayah tersebut banyaknya penduduk pendatang setelah Hari Raya Idul Fitri 2023.

Terpantau di lapangan wilayah Bukit Bintang Puri gading ramai kedatangan Penduduk pendatang yang keberadaanya belum melaporkan kepada kepala Lingkungan.

Menurut Bhabinkamtibmas Kelurahan Jimbaran Aiptu I Ngh Bagiarta S.H Seizin Kapolsek Kuta Selatan Kompol I Nym.KarangAdiPutra S.H bahwa kegiatan Pendataan Penduduk dengan sasaran Non Permanen ini sudah rutin dilaksanakan dengan Perangkat Kelurahan.

Adapun sebagai Dasar hukum kegiatan pendataan ini Himbauan DUKTANG Nomor 338/393/SATPOL PP.
Permendagri No. 14 Th 2015, Tentang Pedoman Penduduk Pendatang sehingga
terciptakan tertib Administrasi kependudukan di Lingkungan.

“Agar maksimal kegiatan sidak ini dimulai pukul 06.00 pagi saat warga belum melakukan aktifitasnya dan ,Kami juga menghimbau warga untuk ikut berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan masing- masing” ucap Bhabinkamtibmas.

Warga yang di data tersebut sebagian besar tinggal di rumah kontrakan dan bedeng serta bekerja di proyek.

Masih keterangan Bhabinkamtibmas kali ini 50 orang dalam catatan petugas yang terjaring dalam Sidak, terdiri dari 27 orang laki -laki dan 23 orang perempuan kepada mereka di arahkan untuk Datang Kekantor Desa.

Menurut Kapolsek Kuta Selatan para penduduk pendatang tersebut rata rata ingin mencari Pekerjaan dan merubah tarap hidupnya di diwilayah Bali dari mereka yang terjaring tinggal di rumah kontrakan kecil dan di Bedeng bedeng Proyek yang jauh dari layak tempat tinggal, Pekerjaan dan keahlian rata rata kerjaan buruh bangunan dan serabutan, Nantinya Dari Desa atau Kepala Lingkungan yang nantinya memutuskan kelayakan mereka dapat tinggal.

“Kegiatan ini kami gelar secara rutin untuk memastikan wilayah kami aman dan nyaman terlebih saat ini sedang berlangsung beberapa event skala internasional dan nasional diwilayah Kuta Selatan,” tutup Kapolsek. (Ifa)