*Pendaftaran Paslon Perseorangan untuk Pilkada 2024 Sudah Di Buka KPU Garut*

 

GARUT, JAWA BARAT bongkarkasusmmntv.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut melaksanakan Sosialisasi Pencalonan Perseorangan dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024, yang dilaksanakan di Ballroom Fave Hotel Garut, Jalan Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (8/5/2024).

Kegiatan ini, dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Garut, Nurrodhin, dan peserta dari berbagai perwakilan organisasi masyarakat (ormas) islam, organisasi kepemudaan, dan lain sebagainya.

Sekda Nurdin Yana sosialisasi ini sebagai tanda dimulainya pendaftaran pasangan calon (Paslon) perseorangan atau independen pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024

Atas hal tersebut, ia berpesan agar siapapun yang mencalonkan diri melalui jalur perseorangan bisa memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

“Kita berharap mudah-mudahan siapapun yang akan mencalonkan diri melalui proses ini pertama ya tentu harus memenuhi persyaratan yang dimohonkan, hati-hati persis, lakukan yang benar, sehingga nanti ketika verivalid itu menunjukkan sesuatu yang sesuai dengan apa yang ditetapkan,” ujar Nurdin.

Dalam kesempatan ini, ia juga berterima kasih kepada para tokoh Kabupaten Garut yang hadir, karena menurutnya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) pada Februari lalu bisa berjalan lancar dan bisa dikatakan berhasil, salah satunya berkat peran dari para tokoh tadi.

Adapun dua Indikitor keberhasilan tersebut, imbuh Nurdin, ditandai dengan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam Pemilu sebesar 83 %, dengan didukung kondisi sebelum dan sesudah Pemilu yang aman dan terkendali.

Selain itu, pihaknya mendorong kesuksesan Pilkada tahun ini, salah satunya melalui dorongan anggaran untuk KPU Kabupaten Garut.

“Yang ketiga saya mohon juga kepada para kontestan yang besok mau bertanding, saya minta _fairplay_ mereka, lakukan sebaik-baiknya sehingga tidak ada konotasi lain, memang saya sadar bahwa ini kepentingannya lebih dekat, tapi setidaknya dekatnya ini mudah-mudahan tidak memberikan ruang dinamika yang lebih besar,” ucapnya.

Dalam menyambut Pilkada yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 nanti, Nurdin meminta para tokoh di Kabupaten Garut untuk memberikan ketentraman dan kenyamanan kepada para calon khususnya dan tim sukses pada umumnya. Sehingga, apapun nanti hasilnya, para peserta Pilkada sudah siap menang maupun kalah dalam kontestasi politik ini.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Garut, Dian Hasanudin, menuturkan, pendaftaran bagi bakal paslon perseorangan dibuka sejak tanggal 8 Mei 2024 hingga 12 Mei 2024.

Ia menerangkan sejak jauh-jauh hari sudah ada beberapa paslon yang berkonsultasi dengan pihaknya terkait dengan jadwal hingga mekanisme pencalonan melalui jalur perseorangan ini.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh bakal calon jalur perseorangan ini, lanjut Dian, salah satunya adalah memiliki minimal 129.939 dukungan dengan batas minum di 22 kecamatan atau setara 6.5% dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir.

“Nah, Alhamdulillah hari ini tanggal 8 itu kita bisa melaksanakan ini karena memang sampai sejauh ini kita KPU tidak menerima surat tugas dari pasangan calon yang ingin mendaftarkan diri sebagai pasangan calon surat tugas untuk LO _(Liaison Officer)_-nya yang berkonsultasi secara resmi dengan kami KPU,” ujarnya.

“Lalu juga untuk daftar dukungan itu kan semua upload di dalam aplikasi Silon (aplikasi sistem informasi pencalonan), dan juga pasangan calon itu belum meminta ke kami kaitan dengan akses akun Silon-nya, jadi akhirnya kami berinisiatif untuk melakukan kegiatan sore hari ini,” tambah Dian.

Ia pun memahami kendala terkait dengan mepetnya jadwal pendaftaran melalui jalur perseorangan ini, dan pihaknya saat ini pun terus melakukan konsultasi terkait hal tersebut dengan KPU Republik Indonesia, sebagai pihak yang menyusun jadwal tersebut.

(Risbah)