Danrem 163/Wirastya resmi tutup TMMD ke 116 Desa Siangan Gianyar

 

Bali,- Bongkarkasusmmntv.com-
Gianyar, Bali – TMMD ke-116 Desa Siangan Gianyar Resmi Ditutup Danrem 163/Wirasatya. TNI Manunggal Membagun Masyarkat (TMMD) ke-116 Desa Siangan dengan tema “Sinergi Intas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”, dengan Resmi telah Ditutup lansung oleh Danrem 163/Wirasatya Brigadir Jenderal TNI Agus Muchlis Latif, S.I.P., M.M., bertempat di Lapangan Wibisana, Banjar Teruna, Desa Siangan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Kamis (08/06/2023) pukul 08.00 Wita waktu setempat.

Turut Hadir dalam penutupan tersebut, Bupati Gianyar yang diwakili Asisten I Dr. I Ketut Mudana, S.H., MBA., Kasrem 163/Wirasatya Kolonel Chb. Muhammad Hatta, M.PM., M.CP., M.GT., Kasi Log Kasrem 163/Wirasatya Kolonel Inf. Rafiudin Hanafi., Kasiter Kasrem 163/Wirasatya Kolonel Inf. Hari Sandhi Chrishandoko, S.Sos., Dankesyah Singaraja Letkol Ckm. Nofie Windarto., Dandim se-Kabupaten/Kota Provinsi Bali., para Perwira Jajaran Kodim 1616/Gianyar, Perbekel Desa Siangan I Ketut Brata beserta staf, Anggota Militer dan PNS Kodim 1616/Gianyar, dan undangan lainnya serta awak media.

Kegiatan penutupan diawali dengan laporan komandan upacara kepada Inspektur Upacara (Irup) dan dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan.
Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan laporan hasil pelaksanaan TMMD ke-116 TA 2023, yang dibacakan oleh Dansatgas/Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf. Eka Wira Dharmawan serta penyerahan hasil TMMD ke-116 tahun 2023 setelah ditandatangani Berita Acara serahterima hasil TMMD ke-116 didampingi oleh Irup.

Pangdam Udayana dalam sambutannya dibacakan oleh Danrem 163/Wirasatya pada penutupan TMMD ke-116 TA 2023 mengatakan, sebagai insan yang beriman dan bertaqwa, marilah kita senantiasa memanjatkan Puji Syukur kehadirat Tuhan YME, karena atas limpahanNYA, pada hari ini kita diberikan kesehatan, sehingga dapat menghadiri upacara penutupan TMMD ke-116 TA 2023 di Wilayah Korem 163/Wirasatya.

“Sebagaimana diketahui bahwa TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral TNI dengan berbagai pihak Instansi terkait, baik Kementerian, Lembaga Pemerintahan non Kemnterian, Pemerintahan Daerah dan komponen bangsa lainnya,” jelasnya.

Pangdam juga menegaskan bahwa program TMMD ini bertujuan membantu Pemda Kabupaten/Kota dalam percepatan pembagunan, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sasaran fisik maupun non fisik memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat “Dalam rangka menyiapkan ruang, alat, dan kondisi jangan yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara serta mewujudkan ketahanan wilayah yang semakin mantap, guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa”.

“Kegiatan TMMD diselenggarakan dengan melibatkan seluruh komponen bangsa selama satu bulan yang dimulai dari tanggal 10 Mei sampai dengan tanggal 8 Juni 2023, dengan menurunkan 600 prajurit TNI yang tersebar di empat Kabupaten/Kota se-Bali-Nusra. Dengan tema yang diusung “Sinergi Lintas Sektoral, Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini Pangdam Udayana selaku Pengendali kegiatan operasional TMMD mengucapkan terimakasih kepada Pemda, Prajurit TNI dan Polri serta seluruh masyarakat yang turut berpartisipasi menyukseskan pelaksanaan TMMD ini. Saya, kata Pangdam, mewakili TNI-POLRI menyampaikan permohonan maaf apabila selama.peaksanaan TMMD ada tutur kata, sikap, dan tindakan atau perbuatan prajurit yang kurang berkenan di hati masyarakat.

Perlu menjadikan perhatian setelah pelaksanaan TMMD ini yaitu; pertahankan sengat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI-Rakyat, lestarikan semangat gotong royong sebagian warisan budaya bangsa kita yang sudah terbiasa dengan baik selama ini, peliharalah hasil program TMMD ini, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang serta adakan perawatan bersama masyarakat dan swadaya.

Kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, dengan selesainya kegiatan ini, maka segeralah kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan, tetap jalin komunikasi dengan masyarakat sebagai wujud kebersamaan dan menjaga tali silaturahmi,” pungskasnya.

(ZUAZNIR)